Berakhir Klimaks Perayaan Tiga Tahun Sinema Pinggiran di Hari Kedua


Marjinal on Stage/dokumen @Sineping / unknown
By: Dicky Nuari
Posted: 15, Oct 2014

Hari terakhir perayaan hari ulang tahun Sinema Pinggiran yang ketiga masih diadakan di Basement Café, Jakarta Selatan. Pada hari terakhir deretan penampil yang sudah direncanakan begitu membuat kita terkesima. Karena di hari terakhir acara yang diberi nama Obsesif Visual Kompulsif ini akan beragendakan pemutaran film Laki-laki Virtual, pemutaran perdana music video dari Ramayana Soul, Superglad, dan Barefood juga penampilan dari ketiganya. Ditambah beberapa band keren lain seperti Morfem, Marjinal, Bite, Mata Jiwa, Indische Party, dll.

Tampil segabai pembuka ialah Badai Sampai Sore, band dari kampus IKJ yang sangat kaya dengan eksplorasi musiknya. Mulai dari blues, rock n roll, hingga psikedelia. Lalu di susul dengan band dari kota kembang bernama Swell. Swell memainkan lagu-lagunya yang kental dengan irama britpop, yang albumnya akan dirilis oleh Wasted Rockers dalam waktu dekat. Sound Solution juga turut tampil dalam acara ini dengan tembang-tembang reggae dub yang mengajak penonton untuk rileks, mereka juga menjual merchandise dan mini album terbarunya di acara itu.

Acara pun semakin dipadati muda mudi yang haus akan musik. Acara yang tadinya diadakan dengan hanya menerima donasi bebas untuk masuk, tapi tidak dilakukan oleh panitia dikarenakan tidak telitinya penghitungan biaya. Mata Jiwa pun terlihat telah di panggung untuk memulai aksinya. Duo eksperimental folk ini menyajikan musik rock dengan gaya tersendiri, sangat nyeni dan spektakuler.

Morfem pun telah bersiap melanjutkan hiburan dalam acara ulang tahun Sinema Pinggiran ini. Beberapa lagu mereka mainkan seperti Pilih Sidang Atau Berdamai, Senjakala Cerita, dan beberapa lagu yang terdapat di album terbarunya. Lalu penonton disuguhi penampilan selanjutnya yaitu dari Bite yang dihuni oleh mantan vokal latar The Upstairs dan Goodnight Electric, Rebecca Theodora. Bite memainkan lagu-lagu andalan mereka seperti Menulis Lagu Cinta, Hanya Trend Semata, dan beberapa lagu baru mereka.

Saatnya pemutaran music video dari Superglad yang dibuat oleh tim Sinema Pinggiran di lagu berjudul Satu Jiwa dan Nyawa. Dimana video tersebut berisikan cuplikan-cuplikan pada saat car free day di Bundaran Hotel Indonesia, hingga menghadirkan beberapa musisi ternama yang diambil di basecamp Marjinal, Taring Babi. Tak ketinggalan Superglad membawakan lagu tersebut secara live dengan mengajak Ras Muhammad featuring di lagu tersebut. Disusul penampilan Barefood yang juga sekalian perdana memutar music videonya berjudul Teenage Daydream yang digarap pula oleh Sinema Pinggiran. Video berisi keriangan personil Barefood seperti masa anak-anak.

Kini giliran Marjinal akan memulai aksinya. Penonton pun seperti serempak merapat ke bibir panggung untuk sing a long dengan lagu-lagu Marjinal yang telah populer seperti Negeri Ngeri dan Maling Maling Kecil. Sambutan yang meriah dari penonton diikuti beberapa kali aksi stage diving beberapa orang yang semakin menggila.

Berikutnya giliran Indische Party yang menguasai panggung. Penonton dibawa ke masa lalu dengan lagu-lagu yang dimainkan oleh Japra dkk yang sangat rock n roll. Penonton pun hanya mengangguk-anggukan kepala dan sesekali menggoyangkan kaki hingga bertepuk tangan mengikuti irama lagu-lagu karya mereka seperti Bersepeda, Hey Girl, dan Feel Alright. Setelah berdansa dengan Indische Party, dilanjutkan dengan penampilan Ramayana Soul yang juga meluncurkan music video mereka yang berjudul Alluminium Foil. Dilanjutkan dengan aksi Ramayana Soul yang membawakan lagu-lagunya yang spektakuler.

Di akhir acara band anak-anak muda The Jeans Company menutup acara Obsesif Visual Kompulsif dengan santai dan dengan sisa-sisa penonton yang belum ingin pulang. The Jeans Company membawakan Aku Cinta Jakarta milik C’mon Lennon dan You Really Got Me dari The Kinks membuat penonton yang masih tersisa bernyanyi bersama.

Sekian, sampai jumpa lain waktu!