Kopi Keliling Vol.8: Kolaborasi Para Perupa Muda Bantu Pendidikan Indonesia


Suasana Pameran Kopi Keliling Vol.8 / unknown
By: admin indiejakarta
Posted: 07, Sep 2015

Pada tanggal 29 Agustus 2015, Kopi Keliling mengadakan pameran reguler Pameran Kopi Keliling Volume 8, dengan tema “Kopi dan Budaya Baik Indonesia” di D’Gallerie, Jl Barito I No 3, Jakarta Selatan. Ada sebanyak 27 perupa muda berbakat dari 12 daerah di Indonesia yang akan menginterpretasikan korelasi antara kopi dan budaya baik yang terbentuk di Indonesia dalam berbagai macam karya.

Pameran Kopi Keliling Volume 8 kali ini juga digabungkan dengan pameran amal tahunan dari Kopi Keliling, yaitu ACT, di mana karya-karya yang dipamerkan saat pameran ini dijual dan hasil penjualannya didonasikan untuk membantu Baraka Nusantara dalam merealisasikan pembangunan Rumah Belajar Sankabira di Desa Sembalun, Pulau Lombok, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah tersebut.

Baraka Nusantara sendiri adalah sebuah gerakan yang berfokus pada bidang kemandirian pangan dan pendidikan di Desa Sembalun – Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Demi memperkuat aksi sosial tersebut, Kopi Keliling juga turut berkolaborasi dengan sebuah website crowdfunding kreasi Indonesia, Wujudkan.com, untuk menggalang dana dari masyarakat luas.

Tidak berbeda jauh dari acara sebelumnya, Kopi Keliling mengemas pameran amal ini menjadi acara yang fun, namun tetap edukatif dan inspiratif. Para pengunjung disuguhkan dengan berbagai rangkaian acara menarik, seperti pameran seni ilustratif, artists talk, music performance, talk show bersama para kolaborator, serta masing-masing pengunjung dapat mencicipi Kopi Pahlawan dari Desa Sembalun yang dikembangkan oleh Baraka Nusantara.

Para pengunjung yang merupakan pewujud dari aksi sosial ini juga mendapatkan penghargaan dari Kopi Keliling sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Melalui kegiatan-kegiatan yang positif, Kopi Keliling berusaha agar dapat menggerakan para perupa lokal serta menjalankan program-programnya secara mandiri dan memberikan dampak baik yang berkepanjangan bagi negeri . Selain itu gerakan ini dijaga agar visi misi yang sudah ditetapkan dapat terlaksana dan terjaga dengan baik.