Kopi Keliling Arts and Coffee Festival 2015: Beragam Acara Seni dan Kopi di Dalam Satu Wadah


KACF 2015/foto: @heytemanbaik / unknown
By: admin indiejakarta
Posted: 06, Dec 2015

Kopi Keliling, sebuah gerakan inisiatif yang bertujuan untuk memperkenalkan seni ilustrasi dan kopi lokal ke masyarakat luas, baru saja mengadakan acara festival tahunan terbesarnya, Arts & Coffee Festival (KACF) selama dua hari, Sabtu dan Minggu, pada tanggal 28-29 November 2015 di Kuningan City, Jakarta.

Mengambil tiga area berbeda di tiga lantai Kuningan City, KACF 2015 diharapkan mampu menjadi ajang pertemuan seru antara beragam pelaku seni dan industri kreatif ke masyarakat luas.

KACF adalah acara gabungan dari beragam program yang dilakukan Kopi Keliling selama satu tahun ke belakang. Penggabungan tersebut menciptakan core value dari program akhir tahun ini, yaitu “kolaborasi”, dengan maksud bekerjasama dengan beragam pihak dan masyarakat dari latar belakang dan profesi yang berbeda untuk mencapai apresiasi yang sesungguhnya terhadap seni atau ilustrasi.

Mengusung tema DIVERSE sebagai payung besar komunikasi KACF 2015, Kopi Keliling berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menampilkan karya terbaik mereka melalui program-program sebagai berikut:

DIVERSE Exhibition

Di pameran ini, Kopi Keliling berkolaborasi dengan tujuh kelompok seniman/ilustrator dari tiga kota di Indonesia yang akan bereksperimen dalam bentuk karya instalasi. Masing-masing kelompok seniman memiliki anggota dengan latar belakang seni yang berbeda-beda untuk menciptakan sebuah karya kolaborasi yang dapat dinikmati masyarakat. Setiap kelompok akan merespon setiap huruf dari kata DIVERSE untuk menjadi ‘sub tema’ masing-masing, yaitu:

D (Do A Store): Pameran instalasi oleh Muchlis Fachri (Muklay) dan Saudara Jauh Initiative

I (Inclusion): Pameran instalasi oleh HEIMLO

V (Visit): Pameran instalasi oleh Rukmunal Hakim

E (Equal): Pameran instalasi oleh Octo Cornelius

R (Rumah): Pameran instalasi oleh Diela Maharanie, Prasajadi Heru Lastiko, dan Nady Azhry

S (Selebrasi): Pameran Instalasi oleh KAR Jewellery, Atelir TE, dan Fitri Syamsun

E (Eksemplar): Pameran instalasi oleh Kopi Keliling dan Grafis Huru Hara yang berkolaborasi dengan 16 seniman/ilustrator lokal

Catalyst Art Market 5

Berkolaborasi dengan Catalyst Arts, Kopi Keliling menghadirkan program Catalyst Art Market kelima yang berisi puluhan seniman, ilustrator, dan brand kreatif lokal yang akan menyajikan beragam original artworks, art prints, dan art merchandise dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk buatan luar negeri. Sederet nama yang berpartisipasi di Catalyst Art Market 5 ini adalah:

Artists & Illustrators:

Abusedmember – Aditya Pratama – Angela Dios – Arief Witjaksana – Arya Mularama – Atreyu Moniaga – Bagus Priyo (Bagong) – Bea Ariani Putri – Chike Tania – Citra Marina – Derau – Ultramanminmun – Dini Kartika – Galih Sakti – Ginobeeyoo – Gustin Chandra (Utin) – Hardilim – Hari Prast – Hey Hello – Mnnt – Ivanna Cerelia – Jemari – Lidia Puspita – Liunic – Ugagoo – Maskrib – MK Dandi – Nugraha Pratama – Nadira Julia – Nengiren – Nita Amelia Junus – Obie – Patrice Ganda – Ravi Manthovani – Renata Owen – Resatio Adi Putra – Rizki Katamsi – Wickana Laksmi Dewi – Stephanie Priscilla – Roompoetliar – Sandy Lee – Sarah Sofia.

Creative Brands:

Suddenly – Bits & Bobs – ¾ Art Tomodachi Studio – Sejenak Collective Brand – Wonder Inc – Kirain Studio – Heimlo – Red Oak – Kamalika Artprints – KAR – Nerdmob Inc – Bollu – NRSimha – By Fika Julia – Junknotdead – Cemprut Indie Kraft – Yash Creative.

Food & Beverage Brands:

Hubble Scoop Creamery – Kelincitertidur – Cloud Nine Cakery – Eggknock – Suntiang

Arts & Creative Workshops

Masih bersama Catalyst Arts, Kopi Keliling juga akan menghadirkan beragam workshop seru, mulai dari printmaking, kolase, shibori, leather works, marbling, kaligrafi, cat air, dan masih banyak lagi. Setiap workshop yang diadakan bertujuan untuk mengenalkan serunya melakukan kegiatan kreatif serta menciptakan interaksi langsung antara artist yang mengadakan workshop dengan orang umum.

28 November:

* Workshop Kolase bersama Resatio Adi Putra

* Workshop 50 Shades of Clay bersama Argya Dhyaksa

* Workshop Basic Script Lettering bersama Kaligrafina

* Workshop Leather bersama Nerdmobgoods

* Workshop Shibori bersama Eva Joewono

* Workshop Sablon bersama Mola Goods

29 November:

* Workshop Suminagashi Marbling bersama Yonaz K Sanjonas

* Workshop Watercolor Food Illustration bersama WeWo

* Workshop Watercolor bersama Varsam Kurnia

* Workshop Coptic Bookbinding bersama Mei Suling

* Workshop Shibori bersama Eva Joewono

* Workshop Sablon bersama Mola Goods

* Workshop Greetings Card bersama Sandy Lee

Caffeine City

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu tujuan Kopi Keliling adalah memperkenalkan kopi lokal ke masyarakat luas. Karena itu, Caffeine City yang dipersiapkan oleh Coffee on Wheels akan menampilkan beragam jenis pelaku di industri kopi, mulai dari roaster, coffee shop, hingga toko retail alat dan merchandise kopi. Para pengunjung berkesempatan untuk mencicipi ragam kopi lokal, baik house blend maupun single origin. Mereka yang berpartisipasi adalah: Coffee on Wheels, Coffee Smith, Brewphobia, Vespa Barista, Goni Coffee, Popolo Coffee, Toko Kopi Tuku, Headline Coffee, Wisang Kopi, dan Krema ID.

Tabik!

Satria Ramadhan Management (SRM) mengisi panggung masuk dengan menyajikan band-band andalan mereka dalam acara bertajuk Tabik! Volume 7, yaitu: Gizpel, Low Pink, Peonies, Feast, Heals, The Fox and The Thieves, Life Cicla, dan Littlelute.

Puppet Show

Kopi Keliling ingin agar acara KACF 2015 bisa dinikmati oleh semua usia, termasuk adik-adik yang masih kecil. Karena itu Kopi Keliling berkolaborasi dengan dua pakar yang memang selama ini spesifik mengadakan kegiatan untuk anak-anak yang tidak hanya menghibur tapi juga sangat mendidik, yaitu Puppetaria dan Rabbit Hole Indonesia.

28 November

Session 1: Be Amazed of Little Things


* Penjaga Cahaya: Hairil Saleh

* Kode: Banu Wirandoko

* Iblis Jalanan: Salman Farizi

Session 2: Uncomfortable Comfort

* Begal: Yohanes Angga

* Lapar: Ganiyu Rijal Yaris

* Mengantuk Terketuk: Hibatullah Billy

Session 3: Doubt

* Mencintai Nisan: Dmaz Brojonegoro

* Sleep Tight Maria: Monica Vanessa Tedja

* Rock n Roll: Wisnu Surya Pratama