Melanglang Buana Bersama Unit Psikedelia Savanna Trips


Savanna Trips/ foto: dok.band / unknown
By: Ahmad Budiarjo
Posted: 12, Aug 2014

Terbentuknya band satu ini mungkin bisa dikatakan karena rasa emosional dan pengaruh besar terhadap legenda musisi-musisi tahun 60-an yang kebanyakan sangat menunjung tinggi nilai-nilai kebebasan dan perdamaian kala itu. Satu diantara banyak band yang baru bermunculan dan berhasil membuat  Indie Jakarta kepincut bernama “Savanna Trips” .  Tidak kebanyakan band baru yang lebih memilih genre “aman” untuk dapat keluar dari zona hitam . band bentukkan tiga orang muda ini malah lebih asyik untuk mendengarkan musik didalam ruangan tertutup dan dikelilingi lampu kelap-kelip berwarna-warni. Setidaknya itulah gambaran yang dapat di refleksikan saat mendengar lagu-lagu mereka di soundcloud.

Meski masih seumur jagung, Lagu-lagu band Savanna Trips ini bisa di rekomendasikan buat kalian yang ingin mencoba keluar dari hal-hal negatif dan angan-angan yang berlebihan. Simak saja interview kami dengan mereka di bawah ini:

Jadi seperti apa sih sebenarnya musik Savanna Trip itu?

Tadinya kita hanya penikmat musik psychedelic saja dari band era 60's , kita sebut saja band yg sudah tidak asing lagi seperti The Doors, Pink Floyd, Jefferson Airplain, The Beatles sampai Jimi Hendrix. Dll. Kita seperti terhembus dan terbius oleh irama-irama yang dibuat oleh mereka. Dan itu yang Membuat kita semakin ingin untuk memainkan musik psychedelic, karena cocok dengan kita yg sering berimajinasi liar dalam kesendirian di keramaian. Membuat sebuah kenikmatan yg jauh dari nyata menjadi nyata pada dimensi yg berbeda. Pada sebuah pertemuan, salah satu personil kita saat briefing sering membawa bingkisan emas dan perak dan sering play lagu dari band indie saat ini yang mengusung musik psychedelic, seperti The Entrance Band, Radio Moscow, Dead Meadow, Tame Impala sampai yg terparah Mahavishnu Orchestra. Jadi kita bertiga ada pada dalam titik kejenuhan dan keresahan dalam memilih arah mana yg ingin kita tuju, lalu kita bertiga membuat lingkaran di tengah padang rumput yg luas untuk membebaskan imajinasi. Ditengah kota yang penuh dengan gedung monster dan asap polusi yang membuat kita jenuh, kita melakukan perjalanan menuju alam yang kita cinta, disana kita bermain dengan hewan-hewan di alam bebas, lalu salah satu personil kita memberikan nama Savanna Trips untuk band ini. “Psychedelic Music On A Trips” Kita tidak bisa bilang bahwa musik yg kita usung ini bergenre pada satu genre saja seperti: acid jazz, blues rock, space rock, stoner rock, doom, sludge atau pop. Dll.

Wah, mengambil term psychedelic, langkah apa yang pertama kali kalian putuskan untuk memilih jenis musik seperti ini?

Langkah pertama yang kita ambil adalah dengan cara duduk manis pada sebuah ruangan yang gelap sampai cahaya itu datang di langit-langit kamar. Lalu kita membuat keputusan dari sebuah perjalanan itu untuk di jadikan bingkai warna-warni.

Berawal dari mana kalian mencoba membangun band ini?

Berawal dari ego dan idealisme. Sebenernya masing-masing personil dulu punya band, lalu masing-masing personil mengalami depresi yg sangat luar biasa. Dipertemukanlah oleh tuhan anak ini dalam pintu menuju ruang musik. Dan sampai sekarang.

Termasuk mengambil keputusan "berani"kah buat kalian untuk memilih/menyematkan genre kedalam musik Savanna Trip?

Kami tidak menggariskan bahwa musik kita ini hanya satu genre, yang pasti setiap musik yg kita karang akan kita berikan sentuhan nuansa psychedelic.

Lagu kalian yang I'm the oldman, itu apakah kalian menyatakan suka dengan hal-hal yang berbau konservatif?

Yes, kita sebisa mungkin untuk bersikap untuk mempertahankan keadaan, kebiasaan, dan tradisi yg berlaku. Berlaku untuk kami dan semua. Jika ada orang yang mendengar musik kami dan beranggapan musik kami terlalu tua mungkin telinga mereka yang terlalu dini. Dilain sisi kami juga tidak ingin berdusta dengan jiwa dan kecintaan kami dengan musik-musik Oldskull. Dan kami pun akan memberikan sedikit sentuhan modern agar tidak terlalu kaku.

Kenapa kalian terbentuk hanya dengan jumlah tiga orang? 

Karna tuhan suka dengan angka ganjil. Maka kita ingin trio saja. :)

Apa band ini terbentuk karena misi untuk bersenang-senang lewat bermusik?

Misi kita sebetulnya perdamaian, dan kebebasan berekspresi, tapi damai itu akan kita rasakan jika sudah bertemu tuhan. Dilain sisi kita juga berharap untuk bisa membuat orang lain disekitar kita ikut senang dan bahagia.

Siapa saja influence masing-masing dari personil savanna trip?

Gitaris kami sangat fuckin love dengan Jimi Hendrix.

Bassis kami sangat fuckin love dengan The Beatles.

Drummer kami sangat fuckin love dengan The Doors.

Jika disuruh memilih Syd Barrett atau Jim Morrison, kalian memilih siapa?

What the fuck! Dia berdua icon terbesar yg menjadi influence kami.

Terakhir, bagaimana soal jadwal atau kesempatan tampil dipanggung?

Jim Morrison dengan The Doors tidak merubah lirik Come On Baby Light My Fire menjadi Come On Buick Light My Fire. Kami terharu dan setuju dengan mereka. Dan kita ingin melakukan seperti itu! :)