Kopi Keliling : Dari Kopi Kita Bicara Seni


logo / unknown
By: Ahmad Budiarjo
Posted: 09, Apr 2015

Secangkir kopi dengan aromanya yang khas telah siap dihidangkan di atas meja. Sisa asap yang masih mengepul keluar dari dalam gelas seakan menari menggoda katup bibir untuk segera menyeruputnya. Tak peduli kopi itu manis, pahit, murah, mahal, atau mungkin langka sekalipun. Dan mari kita lanjutkan perbincangan kita soal seni tadi.

Bicara tentang kopi dan seni, adalah sebuah ide pergerakan dari kawan-kawan muda ibukota bernama kopi keliling .

Ide pergerakan tersebut timbul akibat kurang pekanya pemerintah dengan kreatifitas anak bangsa terutama di bidang seni. Berangkatlah dari secangkir kopi ini masing-masing individu didalamnya merasa saling memiliki satu kesamaan yang menjurus kepada obrolan soal seni visual.

Empat tahun terbentuk,  antusiasme terhadap kopling (panggilan selanjutnya dari kopi keliling, red) semakin besar. Entah sudah berapa banyak obrolan panjang yang diciptakan oleh gerakan ini. Bukan cuma obrolan, kopi keliling juga seringkali merealisasikan ide-ide ke dalam bentuk perhelatan acara yang sudah pasti berhubungan dengan seni visual. Ada apa sajakah kegiatan yang dilakukan oleh gerakan ini? Dan bagaimana sepak terjang mereka selama ini? Berikut adalah cuplikan wawancara indie jakarta bersama kopi keliling, selengkapnya :

hmmpp... Jadi kopi keliling ini adalah bentuk gerakan seni?

Kopi Keliling itu sebetulnya komunitas yang ingin mengangkat nama visual artists berbakat di Indonesia, gimana cara kita ngangkatnya? lewat berbagai event, salah satunya bernama art Market.

Bisa dikatakan wadah yang menampung para seniman muda di indonesia?

Iya, kira-kira seperti itu. Kita udah sering buat pameran dari 4 tahun yang lalu. Untuk info lengkapnya silakan buka website kita.

Selain art market, ada apalagi acara yang sering kalian buat?

Kemarin kita bikin pameran ulang tahun, lalu ada bioskop keliling, ada juga art and coffee festival, dan nanti ada pameran juga di Ubud.

Apakah lebih di khususkan ke dalam pergerakan visual artist sajakah kopling ini?

Titik utama kita seni visual, karena saat ini seni visual sendiri belum ada yang support secara total dan bentuk beragam event kreatif.

Kenapa mesti nama kopi yang dipilih?

Kopi adalah salah satu contoh dari ratusan, bahkan ribuan kekayaan Indonesia yang mendunia. Indonesia masuk dalam 5 besar penghasil kopi terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah single origin kopi terbanyak di dunia. Beberapa fakta tersebut cukup dapat menjelaskan betapa hebatnya kopi Indonesia.

Kenapa gak bahas yang lain? Batik, Laut, Musik, dan lainnya? Jawabannya mudah dan mungkin cenderung ke arah subyektivitas, namun singkat kata, kami suka sekali minum kopi. Kami di sini bukan hanya Kopi Keliling, namun juga para peminum kopi lainnya di seluruh Indonesia yang jumlahnya pasti sangat banyak! Kecintaan terhadap minuman hitam itulah yang kemudian menjadi energi terciptanya acara demi acara Dengan didukung oleh banyak pihak yang mempunyai kecintaan yang sama, akhirnya Kopi Keliling hadir untuk semakin mewarnai dunia seni dan kreatif Indonesia.

Sudah tersebar dimana sajakah pergerakan ini?

Sudah tersebar kemana-mana mas, pastinya, hehehe. Bisa dilihat di IG kita ada berapa followersnya.  Karena kan kita disupport secara total sama Kuningan City juga dan kita punya pengikut yang setia.

Lalu soal penggagas kopling ini sendiri siapa dan gimana ceritanya?

Awalnya Kopling terbentuk karena Raymond Malvin, foundernya yang juga creative group head di suatu media, punya keinginan untuk mengangkat lebih jauh karya2 seniman lokal Indonesia yang sampai saat ini belum ada yang mengangkat. Kopling terbentuk februari 4 tahun yang lalu.

Apakah kopling memiliki galeri atau tempat nongkrong tersendiri layaknya komunitas lain?

Ada dooonggg. Silakan mampir ke Catalyst Art Shop, Jln. Kemang Utara No.50, Jaksel. Mari datang, nanti kita temenin pastinya. Hehehe

Nah, sekarang bicara kondisi. Bagaimana kopling melihat perkembangan dalam pergerakan para visual artist masa kini khususnya?

Hmmpp.. Perkembangan? kalau dari kami visual artists Indonesia termasuk yang paling keren karya-karyanya di dunia, bahkan perusahaan sebesar MArvel aja mengakui hal itu. Sayang negara sendiri nggak support. Karena itulah Kopi Keliling ada. hehehe

Bersentuhan dengan acara yang mau di adakan nih, apa yang menjadi pembeda art market ke.4 ini dengan sebelumnya?

Konsepnya yang agak sedikit berbeda dari yang sebelum-sebelumnya karena sekarang kita ada workshop, demo, music by SRM, sama F&B tenants. Dan yang nggak kalah menarik adalah venuenya 3x lipat lebih besar dari tahun kemarin serta akan jadi bazaar seni terbesar di Jakarta.