Solidaritas Tanpa Batas Bersama Komunitas Scooterhood


Scooterhood di Plaza Semanggi/foto: Istimewa / unknown
By: Ahmad Budiarjo
Posted: 29, Jun 2015

Scooterhood nama sebuah komunitas pecinta vespa yang sudah berada sejak tahun 2013 silam, berkat konsitensi mereka dalam menggeluti hobi dan kesamaan misi, sampai saat ini scooterhood sudah memiliki banyak agenda rutin dan menggaet banyak pengikut dari club vespa lain yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

“Satu Vespa Sejuta Saudara” adalah moto dari komunitas ini. “Tidak ada yang berbeda disini, semua sama mau itu vespa bodong atau terbaru sekalipun kita adalah sama.” Ujar Wawah salah seorang pelaku terciptanya komunitas vespa tersebut.

Pertama kali indie Jakarta mencari tahu identitas komunitas ini adalah pada acara parkir vespa terbanyak di plaza semanggi, Jakarta. Bukan hanya sekadar parkir di mall, ternyata komunitas ini membuat acara bertajuk “United Souls” yang diadakan dari lantai teratas (rooftop) pusat perbelanjaan tersebut.

Dan untuk kali kedua Indie Jakarta bertemu dengan komunitas pada saat acara Indonesia Greaser Party, sebuah festival musik yang terbilang baru di Jakarta mengkombinasikan fashion dan lifestyle era retro dari tahun 50 hingga 70’an. Bukan hanya pertunjukkan musik yang di sediakan, diacara tersebut terpajang pula beberapa kendaraan yang sangat hits di tahun-tahun seperti yang disebutkan.

Ketiga kalinya saat Indie Jakarta mencari tahu hal lebih detail tentang scooterhood, adalah dari hasil browsing. Lewat penelusuran, ternyata nama scooterhood sebelumnya merupakan sebuah band bergenre Punk Rock dan sudah memiliki album yang dapat kalian simak disini. Entah hasil tersebut merupakan sebuah kebenaran atau tidak, hanya komunitas mereka yang tahu.

Acuhkan saja di kesempatan ketiga tadi, karena indie Jakarta berhasil menyelidiki lebih jauh tentang scooterhood di kesempatan kedua pada acara Indonesian Grease Party. sila simak wawancara selengkapnya dibawah ini:  

Jadi scooterhood itu komunitas atau club vespa?

Scooterhood bukan Club tapi adalah nama sebuah komunitas yang ada di ICITY Indosat.

Sudah berdiri sejak kapan scooterhood dan dimulai dari mana ide ini?

Scooterhood ini berdiri dari 2013 . terbentuknya Komunitas ini berawal dari seringnya kita riding bareng dgn club Vespa ( Vegadet, VesPlay, Savoc, Komunitas Vespa Balap Indonesia VBI , WD custom dll ) kebetulan di antara temen temen kita Riding ada org ICITY Indosat..dan menawarkan sebuah wadah untuk menampung semua club dan komunitas di ICITY Indosat.

Punya rutinitas kegiatan apa saja  club vespa ini?

Scooterhood sendiri setiap bulan sudah ada schedule tetap...contoh di bulan ini kita ikut dalam acara Indonesia Greaser Party...dan kita sering Riding dalam kota maupun Touring jauh.

Sebagai club pecinta vespa, adakah sifat toleransi yang dimiliki masing-masing individu terhadap pecinta vespa lain (diluar club kalian)?

Kalau masalah solidaritas kita sebagai anak Vespa nggak pernah mengkotak kotakan ..dan tetap menjunjung tinggi persaudaraan..sesuai dengan moto anak Vespa, satu vespa sejuta saudara

Dengar-dengar selain club motor, dalam scooterhood ini juga diisi dengan band-band-an, boleh disebutkan ada siapa saja? dan jelaskan?

Vespunk adalah salah satu Band yg terbentuk dari komunitas ini..dimana kebanyakan dalam komunitas ini banyak sekali sebenarnya talenta talenta yang keren

Jika ada yang ingin bergabung apakah ada syarat tertentu?

Untuk Bergabung dgn Scooterhood tidak ada persyaratan khusus, yang penting Punya Vespa and kita Fun rame rame..boleh klub atau perorangan

Dimana nih biasanya tempat yang kalian jadikan sebagai markas atau melting pot atau istilah sekarang, kopdar?

Basecamp kita ada diCondet..kalau kopdar sekitaran Kemang atau cipete tergantung kesepakatan kita semua

Soal pembahasan lebih detail mengenai scooterhood entah itu akun media social, website, dokumentasi dan sebagainya bisa ditemukan dimana?

Untuk melihat kegiatan kita monggo tengok Fan Page kami di Facebook Scooterhood dan Fan Page Vespunk untuk bandnya.

Terakhir, adakah niat atau rencana yang diperjuangkan oleh scooterhood kedepan?

Harapan kami kedepan bagaimana menjadikan komunitas Vespa di Indonesia di kenal Dunia.

(Sumber wawancara bersama wawah scooterhood pada 10 April 2015 lalu)