Sinestesia : Album Perjalanan Musikalitas Efek Rumah Kaca


ERK/foto: dok. band / unknown
By: Ahmad Budiarjo
Posted: 18, Dec 2015

Tepat pada tanggal 17 desember 2015 pukul 23.00 WIB, sebuah berita datang dari trio pentolan grup band pop minimalis Jakarta, Efek Rumah Kaca yang resmi merilis album ketiga lewat media musik digital itunes.

Dalam rentan waktu 14 tahun berkarya ERK (Cholil, Adrian dan Akbar) akhirnya bisa membayar lunas penantian panjang para penggemar dengan menyebar enam lagu “baru” yang ada di album tersebut : Merah, Biru, Jingga, Hijau, Putih, dan Kuning. Kecuali Biru dan Putih yang memang sudah terlebih dahulu disebarkan sebelumnya.

Di album ketiga ini ERK  seperti ingin mendeklarasikan kalau mereka belum benar-benar usai karena paceklik karya, apalagi semenjak puasa rilisan setelah album kedua (Kamar Gelap, tahun 2008). Dari satu venue ke venue lain tak jarang mereka hanya bisa membawakan tembang-tembang itu lagi dan melulu.

Sempat hadirnya Pandai Besi, metode alternatif lain dari ERK untuk mengeksplorasi musikalitas dari lagu yang seadanya. Namun keresahan senantiasa tetap ada karena penggemar menginginkan lagu baru bukan sesuatu yang baru.  

Tentang Album SINESTESIA

Di penghujung akhir tahun 2015, Album Sinestesia ibarat mengajak penggemar ERK untuk bersama-sama menikmati perjalanan musikalitas mereka dari album pertama dan kedua. Perubahan gaya bermusiknya sangat terasa di album ketiga ini. Dari mulai durasi yang beragam: panjang-pendek-panjang, serta penggabungan dua track dalam satu lagu.

“Sinestesia, adalah album yang sinematis. Jika didengarkan, ia akan mengajak pendengarnya mengembara di alam khayal masing-masing pendengarnya.” Kutipan yang di terima oleh indie Jakarta dari press release.

Untuk album yang resmi dirilis bisa kalian nikmati lewat situs itunes disini.

Credit:

1. Album Kamar Gelap, dinobatkan sebagai album terbaik oleh ICEMA (Indonesia Cutting Edge Music Awards), 2010

2. Album terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia, 2009

3. Rookie of the Year majalah Rolling Stone Indonesia, 2008

4. Nominator Akademi Musik Indonesia Awards, 2008

5. The Best Cutting Edge oleh MTV Music Awards, 2008

6. Daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia

    (Di Udara dan Cinta Melulu)